Skip to main content

Featured

Tas Barang Untuk Membawa Perlengkapan Kerja (apapun profesi anda)

     Pada beberapa kesempatan, Jasa pembuatan tas Chemz mendapatkan kepercayaan untuk membantu  klien kami membuat tas barang yang digunakan untuk melindungi sekaligus membawa perangkat tertentu. Perangkat tertentu yang dimaksud biasanya memiliki harga yang mahal dan atau digunakan secara  on demand  ( digunakan sesuai kebutuhan). Hal ini membuat kemampuan kami menganalisa kebutuhan tas berdasarkan struktur barang yang ingin dibawa menjadi sangat menentukan apakah barang bisa dibawa dan mendapat perlindungan yang terbaik.      Para pekerja seni seperti pelukis yang ingin membawa lukisannya untuk pameran di luar negeri, musisi yang ingin membawa alat musik elektroniknya sendiri, seorang juru masak profesional yang ingin membawa alat khusus, seorang fotografer yang ingin membawa seluruh alat kameranya ke dalam tas kameranya, seorang biker yang ingin membawa kebutuhan  touring  lintas hutan ke dalam tas motornya, hingga  hair stylist  yang ingin membawa alat kebutuhannya merupakan bebera

Kain Tradisional Indonesia : Kain Tenun Nusa Tenggara



Hai followers Chemzbag dan seluruh pembaca yang tersebar di penjuru nusantara. Kali ini mimin akan bahas tentang Kain Tenun dari Nusa tenggara. Gambar di samping adalah contoh kain tenun yang dikirim dari customer Chemz, asli dari Nusa Tenggara. Bagus ya? Kamu wajib tau tentang kain cantik asli Indonesia yang satu ini. Pengen tau apa itu Kain Tenun dan cara pembuatannya? Yuk disimak!

1. Pengertian
Kain Tenun Nusa Tenggara adalah kain yang dibuat dari proses menenun oleh masyarakat Nusa Tenggara. Tenun sendiri merupakan kegiatan membuat kain dengan cara memasukan benang pakan secara horizontal pada benang-benang lungsin, biasanya telah diikat dahulu dan sudah dicelupkan ke pewarna alami. Pewarna alami tersebut biasanya dibuat dari akar-akar pohon dan ada pula yang menggunakan dedaunan.

2. Proses Pembuatan
- Langkah 1
Langkah pertama yang dilakukan sebelum menenun ialah menyiapkan benang yang hendak dipakai. Kapas dipintal dengan alat tradisional, masyarakat tidak menggunakan benang konvensional yang ada di pasaran. Kapas diambil dari pohon kapas. Hasil dari pemintalan biasanya tidak terlalu halus dan dan berakibat hasil yang tidak simetris pada corak tenun. Meski begitu hal itu yang menyebabkan keunikan tiap tenun sebab tidak ada tenun yang identik sama.
- Langkah 2
Sesudah proses memintal selesai dilanjutkan dengan pencelupan benang pada pewarna. Meski tidak semua proses pewarnaan dilakukan ketika masih dalam bentuk benang namun pada umumnya pewarnaan dilakukan sebelum proses menenun. Pewarnaan dilakukan dengan menggunakan daun “Ru Dao” untuk mendapatkan warna nila dan akar pohon “Ka’bo” untuk mendapat warna merah, warna kuning didapat menggunakan kunyit dan daun “Menkude”. Setelah warna meresap dan dibiarkan mengering baru diikat pada mesin tenun tradisional yang dalam bahasa setempat disebut “Lana Her’ru”. Tidak seperti pada tenunan yang umum dijumpai di Indonesia dimana yang diikat pada mesin tenun ialah benang pakan, namun pada tenunan Nusa Tenggara Timur yang diikat ialah benang lungsin. Benang pakan dimasukan secara horizontal terhadap benang lungsin yang telah diikat secara vertical.

Namun dibalik semua itu, yang paling penting ialah proses bertapa dan mencari ilham dengan cara berdoa ke leluhur agar mendapat motif dan corak yang hendak dipakai, selain itu dipercaya dengan berdoa sebelum dapat memperlancar proses menenun dan menolak bala selama proses menenun dilakukan.
 
Wah unik sekali ya readers. Kain tenun Nusa Tenggara cocok dibuat untuk berbagai macam bentuk fashion. Salah satunya tas. Nah, berikut ini adalah contoh hasil produksi kami sesuai permintaan customer menggunakan kain Nusa Tenggara.
Unik kan? dan tentunya tidak pasaran :D
Pengen? Kamu punya kain tenun juga yang belum terpakai? Yuk dibikin tas aja di Chemz.
Minat? Langsung hubungi kami ya^^

Kontak :
Facebook : Jasa Pembuatan Tas - Chemz
Instagram : chemzbag 
WA : 085691607911
Line : @chemzbag

Comments

Popular Posts